Uncategorized

Lunar Eclipse, I saw it


Yaiy

Akhirnya kemarin sore, setelah shalat maghrib, saya bisa melihat warna yang berbeda dari bulan yang biasanya hanya berupa lingkaran berwarna abu abu. Tapi kemarin sore menjelang malam, yang tampak adalah bulat berwarna kemerahan.

Subhanallah, untuk pertama kalinya, selama hampir 23 tahun, saya melihat gerhana bulan.dibandingkan dengan gerhana matahari, gerhana bulan terlah beberapa kali terjadi. Namun sayangnya selalu saja saya lewatkan karena kebanyakan terjadi ketika saya sudah berada di dunia mimpi. Hehe..

Dari hari senin kemarin, kompas sudah menurunkan berita tentang gerhana bulan yang terjadi kemarin sore. Menjelaskan dengan detail tentang perbedaan umbra dan penumbra serta memberikan gambaran jelas tentang wilayah – wilayah yang dapat melihat gerhana. Begitu lihat gambarnya, saya bersorak karena dari makassar juga bisa terlihat. Apalagi tertulis gerhana dapat diamati dari pukul 15.51 – 19.24 WIB. Yaiy..


Akhirnya untuk momen yang entah kapan terjadi lagi. karena masih di artikel yang sama, untuk menentukan gerhana bulan harus dilakukan perhitungan yang rumit. Yang hebat ternyata dari jama sebelum masehi, orang orang dah mulai melakukan hitung hitungan ini. Hebat…

Masih dari sumber yang sama, tertulis bahwa tahun depan tertulis kalau pihak NASA bakal meluncurkan lagi LRO (lunar Reconnaissance orbiter) untuk mengumpulkan data yang lebih lengkap tentang bulan. Bahkan di hari sebelumnya, akan ada Galatic Suite, Hotel luar angkasa, yang akan membawa penguninya mengelilingi dunia dalam 80 menit. Dan harga tidak tanggung tanggung, selama 3 hari biayanya 4 juta dollar AS. Huah…jadi ingat pas masih ngajar future tense dulu, saya pernah meminta students untuk memilih fasilitas apa saja yang akan mereka pilih dengan uang 100 juta dollar AS jika di bulan telah dibangun sebuah resort.hehehe…jawaban mereka beragam. Namun yang jelas setiap students memilih oxygen plant. Hehe…Jadi kangen.


Kalau dipikir pikir lagi, dana yang di gunakan untuk peluncuran LRO nanti pasti bakal berarti banget untuk membantu negara negara miskin…

Balik ke hari H, begitu adzan maghrib berkumandang, saya brsama dua teman yang memang sengaja saya paksa untuk tinggal sampai maghrib di sekolah segera berwudhu. Setelah membersihkan ruangan wakasek yang sudah ditinggalkan pemiliknya, dengan langkah bergegas kami bertiga keluar ruangan dan berdiri di tengah tengah lapangan. Sayangnya langit benar benar cerah dan tak satupun ada ada penampakan bulan. Setelah yakin tak ada, akhirnya kami memutuskan untuk shalat terlebih dahulu. Begitu selesai shalat, langit sudah tampak gelap. Namun sekali lagi bulan tidak kelihatan yang ada hanya kerlipan bintang yang redup. Akhirnya kami memutuskan pulang. Namun begitu berdiri di belakang masjid Nurul Iman, tiba tiba ada bulatan dengan sinar merah yang aneh. Setelah menyocokkan dengan gambar yang ada di kompas hari itu, akhirnya kami yakin, bahwa inilah yang disebut gerhana bulan. Fuh…kami sempat menghabiskan beberapa lama menikmati warna kemerahan itu sebelum akhirnya beranjak menuju masjid. Subhanallah.

Advertisements

25 thoughts on “Lunar Eclipse, I saw it

  1. I saw it too…!!! Gw sampe sms ke BANYAK temen2 gw supaya mereka juga bisa jadi saksi hidup untuk suatu fenomena yang amazingly beautiful kaya gitu. Allah is a real artist, isn’t He?

  2. smartie78 said: merah = gerhana?gerhana tuh ketutup kan?yang merah tuh mars yang mendekat

    Emang ketutup tapi emang begini bentuknya gerhana bulan*ally dah mencocokan gambar di kompas dengan yang aku lihat. Dan gambarnya mirip dengan yang aku posting di atas.(hasil googling)

  3. mattando said: …ga bisa cerita deh .. ga thu letak bulan nya di mana .. habis hujan dan pasti mendung .. mungkin bulan nya ada di hati ku … 🙂

    Sayang banget..Gerhananya cantik banget..

  4. iwed said: I saw it too…!!! Gw sampe sms ke BANYAK temen2 gw supaya mereka juga bisa jadi saksi hidup untuk suatu fenomena yang amazingly beautiful kaya gitu. Allah is a real artist, isn’t He?

    *high five*Yup. Kemarin benar benar senang. Soalnya ini untuk pertama kalinya.Yah.. Allah memang hebat.

  5. mmlubis said: aku liat, Ally … tapi sambil ngebakso, hahahaha … tambah indah gerhananya, ditambah nikmatnya yamien manis plus bakso ceker hihihi

    hehehe..ally juga mau baksonya

  6. mmlubis said: hehe … main ke Bandung, Ally, nanti kan bisa main ke Bosscha juga hehehehe

    Bandung dah jadi resolusi seumur hidup koq mbak. ^_^*tunggu ally di bandung*>.<

  7. kumadankon said: allyy.. yg ally liat warnanya kaya gitu..??!! woooow baguss banget..

    Iya…kurang lebih seperti ini. Walau ada awan hitam di sekelilingnya. Ini juga setelah beberapa lama nunggu. Rilya sempat liat tidak?

  8. kumadankon said: liat sih, tapi waktu dah mau berakhir, dan warnanya ga kaya gitu.. =.=

    ^_^Semoga gerhana berikutnya nanti bisa lihat lagi,rilya.Walau entah kapan. Soalnya perhitungan untuk menentukan gerhana tuh rumit.

  9. astridchocolate said: iya gue juga liat dari Saung Mang Engkin di UI Depoktrus keesokan harinya FULL MOON….keren bgt bulannya besar dan warnanya keemasan

    Wah..mbak astrid juga ngeliat FULL MOON hari berikutnya.*toss*Ally sampai ga bisa melepas pandangan.sayangnya cuman sebentar setelah itu kemabli lagi seperti biasa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s