my days

Perjalanan pulang yang…

Entah apa kata yang tepat untuk menggambarkan perjalanan kali ini.

Kalau ingat lagi perjalanan pulang dari Kendari-Kolaka-Siwa-Makassar kemarin benar benar bikin sesak. Kapok pulang ke kendari tanpa rencana yang matang. Tiket pesawat sudah tak ada yang tersisa. mau tidak mau harus pulang lewat kolaka, menyebrang lewat ferry ke siwa dan nyambung lagi ke Makassar. Awalnya saya tetap optimis karena perjalanan ini sudahpernah saya lakukan ketika pulang ke Kendari pekan lalu.

Jam 5 pagi setelah shalat subuh, M, kakak dan saya sudah harus ke perwakilan yang menyediakan mobil menuju Kolaka. huah..jalanan masih penuh kabut. Yang asyik bisa lihat jalanan yang pemandangannya terus berganti.

Jam 8.30 tidak terasa, kami tiba di Kolaka. Ternyata mobil yang kami tumpangi tadi tidak langsung ke pelabuhan. Kami masih harus cari angkutan umum untuk ke sana. yah, masih pagi, ga masalah. Lagian barang bawaan juga tidak banyak. Setelah dapat angkutan umum, seperti biasa baru berangkat setelah semua kursi terisi penuh, ternyata belum berangkat juga. Argh!!! Matahari saat itu sudah terik, walau masih terhitung pagi. Baru 20 menit lebih kemudian kita meninggalkan terminal. Alarm pertama udah kedap-kedip.

Di pelabuhan, kita juga harus jalan lagi beberapa ratus meter. Ada sih ojek, tapi ga deh. Ga masalah jalan. Lagian begitu masuk saya disambut ma angin yang sejuk banget. Kejadian di terminal menguap sudah.

Ternyata eh ternyata, kapalnya masih kosong. Baru beberapa tempat duduk yang terisi. YAY, bisa milih tempat. M, kakak dan saya memilih tempat yang agak depan. Supaya bisa cepat keluarnya. Walau masih harus menunggu lama, setidaknya saya masih kebagian tempat duduk. Banyak dari penumpang yang telat datang terpaksa duduk di dek atas yang ga beratap. Fuh…

Jam 11 lewat, akhirnya kapal kecil itu berangkat. Di tengah lautan luas saya bisa merasakan ombak saat itu besar banget. Soalnya kapalnya sampai bergoyang ke kanan dan kiri.ugh,jadi mual. Untung nggak sampai Mu****.

Untuk mengalihkan perhatian, akhirnya baca buku jadi satu-satunya pilihan. Dog’s Life selesai dalam waktu dua jam. Wait for the review.

Jam 3 lewat akhirnya kapal berlabuh. Saya kembali dikejutkan dengan tangga darurat. Salah langkah bisa bisa tercebur di laut. Untung saja sneakers yang saya kenakan bisa diajak kerja sama. >_< Keluar dari kapal harus jalan kaki lagi.

Sayangnya semua keinginan untuk sampai ke rumah secepatnya harus menguap. Tidak ada satupun mobil yang kosong untuk perjalanan ke makassar. Hiks,Ga tahu mau ngapain lagi. Rasanya semua energi terkuras.

Selama sejam kami harus menunggu di pelabuhan tanpa kepastian. Ternyata kami tidak sendiri. Setelah menoleh ke kanan dan kiri ternyata masih banyak juga yang bernasib sama seperti kami. Akhirnya setelah berembuk, akhirnya kami sepakat untuk keluar dari pelabuhan dan mencari mobil bersama.

Jam 5 lewat, akhirnya saya bisa duduk. Walau pikiran masih kalut.

Jam 11 malam,akhirnya nyampe rumah. Lelah dan kantuk sudah bercampur jadi satu. Setelah bersih bersih, tempat tidur jadi satu satunya tempat ternyaman saat itu. ZZzzzzzz~

Untungnya semua sudah berakhir. Alhamdulillah sampai rumah dengan selamat. Yang pasti satu, ngga lagi-lagi deh pulang mendadak. Kapok!

4 thoughts on “Perjalanan pulang yang…

1. udah lama nggak ngambil jalur darat. Yang jelas dulu ada bus tuh yang berangkat dari Kendari ke Makassar. Kalau masih ada, perwakilan Busnya tuh ada di Mandonga. Setelah bundaran dari Mall Mandonga, belok kiri. Tapi lupa namanya apa. Maaf nggak bisa banyak ngebantuin 😀

1. haduh, entah berapa harganya. Udah lima tahun yang lalu soalnya. Coba aja langsung ke tempatnya.
        Tapi itu cuman sampai Kolaka trus nanti naik kapal cepat sampai ke Siwa, dan tentu saja harus naik mobil lagi kalau mau ke Makassar.

Tapi kalau musim hujan mending pilih pesawat aja deh. Biasanya ombaknya agak menyeramkan kan ya?