my thought

BookCrossing???

BookCrossing, Istilah ini saya dapatkan di Bibliophile edisi no 2-April – Juli 2007, majalah yang berisi informasi tentang buku yang diterbitkan penerbit GPU (Gramedia Pustaka Utama) yang dikirimkan secara gratis bagi semua anggotanya.

Menurut artikel, bookcrossing ini adalah nama suatu komunitas online pencinta buku. If you love your books enough, let them go. Para anggotanya meletakkan buku mereka dengan sengaja ditempat-tempat umum. Tujuannya untuk diambil dan dibaca oleh siapa saja yang kemudia diharapkan akan melakukan hal yang sama.

Sang penulis artikel tentang BookCrossing ini juga telah melakukan hal yang sama. Seperti anggota yang lain, ia juga meninggalkan buku-buku miliknya di tempat strategis seperti kafe pinggir jalan, warnet atau bangku taman.

Kalau dibayangkan, rasanya menyenangkan berbagi buku dengan orang lain yang sama sekali asing bagi kita. Namun untuk melakukan hal yang sama, saya masih ragu. saya masih bertanya pada diri sendiri. Akankah orang yang mendapatkannya nanti adalah seorang pencinta buku atau bukan? Akankah ia membacanya dan melakukan hal yang sama dengan meletakkannya di tempat umum?

Jangan salahkan saya jika masih terbersit keraguan untuk melakukan hal yang dilakukan para anggota BookCrossng, karena nilai dari tahun ke tahun untuk minat baca bangsa ini tidak pernah meningkat secara signifikan. Sayang rasanya kalau buku-buku kesayangan saya itu jatuh ke tangan yang tidak punya minat sama sekali sehingga buku itu bukannya disebar tapi sebaliknya buku itu akhirnya mendekam berdebu disalah sudut rumahnya.

Yah sementara masih liat liat dulu

Advertisements

5 thoughts on “BookCrossing???

  1. weh…baru tau ada juga orang yang begitu…
    klo cokot mah ninggalin buku + no HP, siapa tau yang nemu cewek cakep, masih single….>.<
    cuman klo di indo, blm bisa mbayangin…takutnya finish nya di tukang loak, atau di tong sampah..T_T

  2. Jangan-jangan diambil pemulung trus di Timbang
    sekilo=500
    Tapi kalau ninggalin buku di kampus.trus diambil ama mahasiswa yang butuh kan berguna.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s